Tuesday 2 February 2016

Penjelasan dan Tutorial Instalasi Google Earth di Linux mint

Hai, semuanya ! Kali ini saya akan membagi sedikit mengenai Langkah-langkah instalasi Google Earth...Google Earth itu sangat membantu kita untuk menjelajah dunia. Apa sih itu Google Earth sebenarnya?

Definisi

   Google Earth merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer yaitu sebuah aplikasi pemetaan interaktif yang memudahkan kita melihat dunia.

   Kita dapat mengamati gambar dari satelit yang menampakkan sketsa dari jalan, bangunan, keadaan geografis, dan data spesifik mengenai lokasi atau tempat tertentu. Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D.



Sejarah

Pada awalnya Google Earth dikenal sebagai Earth Viewer, yang diciptakan oleh sebuah perusahaan bernama Keyhole Inc. pada tahun 2004. Di tahun 2005, Earth Viewer diubah namanya menjadi Google Earth dan sudah bisa dioperasikan pada komputer personal yang menggunakan sistem operasi Windows dan MAC. Pada tanggal 12 Juni 2006 Google Earth untuk sistem operasi Linux dirilis. Dengan tambahan untuk peluncuran sebuah klien berbasis update Keyhole, Google juga menambah pemetaan dari basis datanya ke perangkat lunak pemetaan berbasis web. Peluncuran Google Earth menyebabkan sebuah peningkatan lebih pada cakupan media mengenai globe virtual antara tahun 2005 dan 2006, menarik perhatian publik mengenai teknologi dan aplikasi geospasial. Google Earth versi terbaru untuk saat ini adalah versi 4 (dirilis 8 Januari 2007).

Manfaat
:
         Manfaat utamanya adalah mengetahui seluruh kondisi morfologi dan kontur permukaan bumi secara real yaitu foto tampak atas dari permukaan bumi dengan resolusi gambar yang cukup bagus serta keterangan derajat lintang dan bujurnya untuk setiap daerah di muka bumi. Ditambah lagi sekarang telah dikembangkan fitur 3D yang memungkinkan kita melihat suatu objek di permukaan bumi tidak hanya tampak atas melainkan dalam bentuk aslinya. Selain itu Google Earth juga dapat digunakan untuk mencari alamat, GPS, mengetahui tempat-tempat penting di suatu wilayah beserta penjelasan dan foto aslinya, mengetahui cuaca di wilayah tertentu, dan memetakan rute serta mengkalkulasi jarak suatu tempat melalui fitur tools > ruler/GPS.

Langsung saja nihhh...
Langkah-langkah menginstalnya :
1. Sebelum kita melakukan instalasi Google Earth. Terlebih dahulu kalian harus download Google Earth. Klik Disini


2. Jika sudah didownload, kita buka Terminal.


3.
Lalu install dahulu paket dpkg. Paket ini adalah paket yang digunakan untuk menginstall paket-paket debian. Dengan cara ketikkan "sudo apt-get install dpkg" > Enter.

4. Kemudian
harus menginstall lsb-core, yaitu untuk paket pelengkap dari google earth. Dengan cara ketikkan "sudo apt-get install lsb-core" > Enter.
 NB : Apabila ada pertanyaan "Do you want to continue [y/n]" kita ketikkan y > Enter.
 
5. 
Setelah itu, kita masuk ke direktori tersimpannya file google earth yang kita download. Misalnya saya simpan di direktori Download. lalu ketikkan "cd Downloads" > Enter.

6.
Lalu kita install file Google Earth. Dengan cara ketikkan "sudo dpkg -i google-earth-stable_current_i386.deb" > Enter.

7.
Google earth telah selesai kita install, kemudian kita buka dengan cara : carilah pada menu. Cukup ketikkan google, nanti akan otomatis mencari sendiri google earth.
8. Lalu kita buka(klik).
 Akhirnya Selesai...Kita siap menjelajahi Dunia..hehe

Cukup sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat..
Selamat mencoba..GOOD LUCK...

0 comments:

Post a Comment